Tips Menambal Pipa PVC Yang Bocor Secara Mandiri!

pipa PVC

Dalam dunia perpipaan, pipa PVC tentu dibutuhkan untuk instalasi air rumah tangga, baik untuk saluran air bersih maupun saluran pembuangan air kotor. Pada prakteknya, meski sudah dipasang dengan sempurna antara pipa dan sambungannya, tentu saja proses ini bisa saja mengalami masalah. Misalnya ada kebocoran pada pipa yang tak terduga sehingga pasokan air bersih di rumah tangga jadi terganggu. Atau jika menggunakan pipa untuk saluran pembuangan air kotor, pipa yang bocor tentu akan mengeluarkan bau tak sedap sehingga mencemari lingkungan.

Nah beberapa masalah pada kebocoran pipa, nyatanya bisa diatasi secara mandiri oleh anda di rumah. Bahkan orang yang tidak punya skill dalam dunia perpipaan juga bisa mengatasi kebocoran pipa PVC.

 

Ketahui Denah Pemipaan

Agar mudah dalam memastikan kebocoran pipa, sebaiknya Anda terlebih dahulu tahu denah pemipaan. Hal ini tentu saja akan membantu untuk mendeteksi titik-titik rawan munculnya kebocoran. Jika anda tidak bisa menemukan denahnya, maka diskusikan pada arsitek yang mengerjakan bangunan rumah anda.

Proses perbaikan kebocoran pipa membutuhkan beberapa alat dan bahan seperti lem pipa, sealtip dan juga pipa baru yang mungkin saja ketika kebocoran sudah mencapai tingkat parah dan membutuhkan sambungan pipa baru. Nah setelah anda sudah tahu di mana titik kebocoran pipa, sebaiknya tandai dulu menggunakan pensil atau pun spidol. Ini akan mempermudah pada proses pembongkaran pipa.

 

Menangani Kebocoran Pipa

Pada proses ini anda akan tahu beberapa kondisi dimana titik-titik pipa yang rawan bocor dan cara mengatasinya.

  • Jika pipa air dirumah Anda mengalami kebocoran pada sambungannya maka proses perbaikannya cukup mudah. Yang pertama Anda tinggal melepaskan bagian sambungan tersebut Lalu menggantinya dengan pipa yang baru. Agar di kemudian hari pipa dan sambungannya semakin kuat maka anda bisa melapisi dengan menggunakan sealtip. Dengan menggunakan seltip ini maka kebocoran pada pipa bisa diminimalisir.
  • Kemungkinan untuk kebocoran yang terjadi pada sambungan pipa ada pula kondisi dimana sambungannya tidak memiliki drat. Untuk kondisi ini maka anda bisa menggunakan sambungan lama lalu di pasangkan lagi ke pipa menggunakan lem khusus untuk jenis pipa PVC. Cara pengolahan kembali tentu saja hampir sama dengan ketika menyambungkan antara pipa dan sambungannya yaitu secara cepat agar lemnya tidak terlanjur kering.
  • Selanjutnya kebocoran juga bisa terjadi pada badan pipa. Jika kondisi ini terlanjur terjadi pada anda tentu harus memperbaikinya dengan memakai lem PVC. Tetapi perhatikan pula bahwa badan pipa yang rusak ini hanya keretakan saja. Jika kerusakannya sudah pada tahap yang parah misalnya saja berlubang maka lem juga tidak kuat untuk menahan tekanan air. Pada pipa yang sudah berlubang Anda harus mengganti badan pipa yang bocor dengan pipa baru. Caranya tentu saja dengan memotong jalur pipa yang sudah mengalami kebocoran lalu disambung dengan pipa lainnya yang sudah disediakan. Ingat untuk mengukur panjang pipa PVC lama, agar ketika membeli pipa pengganti ukurannya tidak salah.

 

Jadi itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ada bagian pipa PVC yang bocor dan Anda masih bisa mengakalinya dengan menambal pipa. Cara untuk meminimalisir PVC mengalami kebocoran maka sejak awal instalasi pemasangan air sebaiknya cari pipa dari merk terbaik. PVC dengan kualitas yang bagus bisa didapatkan dari merek Rucika. Tidak hanya menjual pipanya saja, Rucika juga menyediakan PVC untuk sambungan dan lemnya.

Tinggalkan Balasan